Skip to main content

Bahasa Pemrograman II


Bahasa Pemrograman II


1.   Sebutkan cara kerja sistem secara umum, jelaskan
Jawab :
·         Input, yaitu Media yang digunakan untuk memasukan data ke dalam process, media ini seperti  Keyboard,Mouse,Tave Recorder, HandyCam, CAM dan lain-lainnya.
·         Process, yaitu suatu alat yang digunakan untuk memproces data dari Input yang nantinya akan di keluarkan ke system Output. Proces ini berperan penting dalam system Komputer.Media untuk process yang sudah menjadi system yang utuh yaitu biasa kita kenal dengan Mainboard atau sering disebut dengan Motherboard. dimana di dalam mainbord ini sudah termasuk di dalamnya yaitu CPU (Central Processing Unit), biasanya orang menyebut CPU itu adalah sudah dalam satu kemasan beserta Casingnya yang berbentuk kotak yang lengkap didalam nya. Sebenarnya jantung dari semua proces data itu terletak pada inti yang bernama yaitu Processor, Processor ini merupakan komponen Elektronika yang sudah terprogram dengan rangkaian-rangkain logika di dalamnya. contoh processor misalnya Pentium 1, pentium 2, sampai dengan pentium 4 dan yang lebih populer sekarang ini pentium Core 2 duo atau core Duo.
·         Output, yaitu media keluaran dimana media ini adalah untuk menampilkan hasil data dari proces tersebut, media Output ini berupa PRinter, Plotter, dll.

2.    Apa definisi dari bahasa pemrograman komputer dan berikan contohnya !
Jawab ;
Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:
Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, CONTOHNYA : 01100101100110
Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya kode_mesin|MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb. Komputer dapat mengerti bahasa manusia itu diperlukan program compiler atau interpreter.
Sebagian besar bahasa pemrograman digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Tinggi, hanya bahasa C yang digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Menengah dan Assembly yang merupakan Bahasa Tingkat Rendah.


3.    Buatlah sebuah tulisan tentang sejarah lahirnya Bahasa Pemrograman Java
Jawab :
Sejarah lahirnya bahasa pemrograman Java : bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM). Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula dengan slogannya, "Tulis sekali, jalankan di mana pun". Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi berbasis web.

4.    Jenis bahasa pemrograman java terdiri dari Java SE (J2SE), Java EE dan J2ME, coba berikan pemahan anda tentang pengenalan dari jenis tersebut
Jawab ;
a.      Java SE adalah java yang bukan berarti Java dengan kemampuan terbatas.  Standard disini lebih kepada paket fundamental Java, bukan batasan dalam arti fasilitas yang serba kurang. Jika demikian, apakah bisa jika kita langsung memilih paket Netbeans + Java SE misalnya ? Jawabnya bisa saja, meski instalasi secara terpisah-pun tidak ada masalah. Tentu saja Java SE harus diinstall lebih dahulu, baru Netbeans / Eclipse menyusul.
b.      Jave EE adalah Java yang biasanya sudah dibundel pada paket development tools maupun application server yang kita gunakan. Netbeans, Sun Java Creator atau Eclipse bisa secara paket menyertakannya.
c.     Java J2ME adalah lingkungan pengembangan yang didesain untuk meletakkan perangkat lunak Java pada barang elektronik beserta perangkat pendukungnya. Pada J2ME, jika perangkat lunak berfungsi baik pada sebuah perangkat maka belum tentu juga berfungsi baik pada perangkat yang lainnya. J2ME membawa Java ke dunia informasi, komunikasi, dan perangkat komputasi selain perangkat komputer desktop yang biasanya lebih kecil dibandingkan perangkat komputer desktop. J2ME biasa digunakan pada telepon selular, pager, personal digital assistants (PDA) dan sejenisnya.

5.    Berikan contoh source code java dari fungsi berikut ;
Jawab ;
-       Variabel
public class Prak_102 {  
     
    public static void main(String[] args) {  
       int var_a, var_b;  
       var_a = 10;  
       var_b = 500;  
       System.out.println("Variable yang Tertulis : ");  
       System.out.println("var_a = " + var_a);  
       System.out.println("var_b = " + var_b);  
    }  
}  

-       Operator Logika
public static void main(String[] args) {
        System.out.println("OPERATOR LOGIKA AND");
        boolean hasil = 7==7 && 2 == 2;
        System.out.println("True && True = "+hasil);
        boolean hasil_1 = 10 == 10&& 10 == 2;
        System.out.println("True && False = "+hasil_1);
        boolean hasil_2 = 3 == 4 && 2 == 2;
        System.out.println("False && True = "+hasil_2);
        boolean hasil_3 = 4 == 3 && 5 == 2;
        System.out.println("False && False = "+hasil_3);

-       Operator Aritmatika
import java.util.*;
public class Aritmatika
{
public static void main(String[] args)
{
Scanner input = new Scanner(System.in);
int bil1, bil2;
System.out.print("Masukkan bilangan 1: ");
bil1 = input.nextInt();
System.out.print("Masukkan bilangan 2: ");
bil2 = input.nextInt();
System.out.println("\n");
System.out.println(bil1+" + "+bil2+" = "+ (bil1+bil2));
System.out.println(bil1+" - "+bil2+" = "+ (bil1-bil2));
System.out.println(bil1+" x "+bil2+" = "+ (bil1*bil2));
System.out.println(bil1+" : "+bil2+" = "+ (bil1/bil2)+"\n\n");
System.out.println("Modulus: 12 % 5 = "+ (12%5)+"\n\n");
System.out.println(bil1+" + "+bil2+" x "+bil1+" = "+ (bil1+bil2*bil1));
}
}

-       Percabangan Nested IF
public class NestedIF
{
 public static void main(String[] args)
 {
  Scanner input = new Scanner(System.in);
  int nilai;
 
  System.out.print("Masukkan nilai ujian [ 0 - 100 ]: ");
  nilai = input.nextInt();
 
  if(nilai >=90 && nilai <=100)
  System.out.println("Nilai ujian = A");
  else if(nilai >=80 && nilai <=89)
  System.out.println("Nilai ujian = B");
  else if(nilai>=60 && nilai <=79)
  System.out.println("Nilai ujian = C");
  else if(nilai >= 50 && nilai <=59)
  System.out.println("Nilai ujian = D");
  else
  System.out.println("Nilai ujian = E");
 }


}

Comments

Popular posts from this blog

Yugioh Duel Monsters episode 1-50 sub indo

Yugioh Duel Mosters silahkan Download yugioh duel mosters untuk review merubut Bintang duel tuan terima kasih silahkan Menuju link download-nya; Ambil Yugi DLM Episode 01 [ drive ] Ambil Yugi DLM Episode 02 [ drive ] Ambil Yugi DLM Episode 03 [ drive ] Ambil Yugi DLM Episode 04 [ drive ] Ambil Yugi DLM Episode 05 [ drive ] Ambil Yugi DLM Episode 06 [ drive ] Ambil Yugi DLM Episode 07 [ drive ] Ambil Yugi DLM Episode 08 [ drive ] Ambil Yugi DLM Episode 09 [ drive ] Ambil Yugi DLM Episode 10 [ drive ] Ambil Yugi DLM Episode 11 [ drive ] Ambil Yugi DLM Episode 12 [ drive ] Ambil Yugi DLM Episode 13 [ drive ] Ambil Yugi DLM Episode 14 [ drive ] Ambil Yugi DLM Episode 15 [ drive ] Ambil Yugi DLM Episode 16 [ drive ] Ambil Yugi DLM Episode 17 [ drive ] Ambil Yugi DLM Episode 18 [ drive ] Ambil Yugi DLM Episode 19 [ drive ] Ambil Yugi DLM Episode 20 [ drive ] Ambil Yugi DLM Episode 21 [ drive ] Ambil Yugi DLM Episode 22 [ drive ] Ambil...

Makalah Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Download Makalah Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka  Downlaod.doc KATA PENGANTAR Assalamualaikum Wr. Wb. Puji syukur kehadirat Allah SWT, yang atas berkah dan rahmat-Nya, kami dapat menyelesaikan tugas makalah yang berjudul “PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA”. Makalah ini disusun untuk para pembaca dapat memperluas  pengetahuan tentang "PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA" dan juga untuk memenuhi sebagian tugas PKn. Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dari makalah ini, baik dari materi maupun teknik penyajiannya, mengingat kurangnya pengetahuan dan pengalaman penulis. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan. Terima kasih. Pidie Jaya , 08-09-2014 Penulis DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL .................................................................................................................................................   i KATA PENGANTAR .............

Atribut & Method Teknik Informatika

Atribut & Method Atribut A t r ib u t   m e nun j u k   p a d a  e l e m e n   d a t a  d a r i  s eb u ah   o b j e c t .   A t r ib u t   m e n y i m p an   i n f o rm a si t e nt a n g  o b j e c t .   D i k en al   ju g a s e b a g ai   m e mb e r  d a t a,   va ri a b e l   in s t a n c e ,   p ro pe rt i   a t au   s e bu ah f i e l d   d a t a.  M e n d e kl ar asik a n  A tr ibut : <attributeDeclaration> ::= <modifier> <type> <name> [= <default_value>]; <type> ::= byte | short | int | long | char | float | double | boolean | <class> Catatan : [] = Menunjukkan bahwa bagian ini hanya pilihan Contoh: public class AttributeDemo { private String studNum; public boolean graduating = false; protected float unitsTaken = 0.0f; String college; } Method Sebuah method adalah bagian-b...